Ketika Hujan Tersenyum
karya : Aulia Falah S





Sepertinya, akan sulit ya melihat keceriaan langit beberapa bulan kedepan. Bumi akan terus diselimuti kegelapan. Kini takkan lagi ada malam sunyi, gemeretuk air yang turun kan menemani malam panjangku. Tapi aku bersyukur, aku senang, aku tak perlu lagi merasakan kepedihan seorang diri. Cukup melihat tetesan air hujan yang turun, dan mendengar percikannya yang jatuh ke tanah, kepedihan ini terasa ringan. Semua kepenatan yang dipikul setelah seharian beraktivitas, seakan ikut hilang terbawa arus air yang mengalir. Aku merasa, langit begitu mengerti perasaanku.
Lewat hujan yang turun ini! kau hibur semua hati yang lara. Dengan alunan melodi, yang datang dari alam. Tak sadarkah kalian? Suara petir, percikan air yang turun ke tanah, dan gemeretuk air yang turun ke atap rumah, mengeluarkan alunan melodi yang indah. Membawa kedamaian hati yang mendengarnya dan kedamaian hati bagi mereka yang sadar akan semua suara-suara itu. Sayangnya, tak banyak yang peduli dengan suara-suara itu. Mereka lebih memilih mengutuk-utuk hujan daripada mensyukurinya. Mereka yang mengutuk-utuk, membutakan matanya untuk melihat sisi lain dari hujan, padahal jika diperhatikan, kedamaian akan hadir ketika kau lihat ranting, dedaunan, dan  bunga-bunga terlihat berkilau terkena hujan, air hujan itu menghapus semua debu yang menempel menutupi keindahannya selama ini.

Wahai yang mengutuk-utuk hujan, cobalah buka telinga kalian dan dengarlah baik-baik semua alunan melodi itu! Bukalah mata kalian dan lihatlah alam sekitar. Hey ayolah!, hujan pun ingin sesekali melihat kita tersenyum menyambut kehadirannya. Kalian tahu kenapa langit selalu terlihat gelap saat hujan? Karena hujan begitu sedih ketika kalian mengutuk-utuk kehadirannya. Padahal, ketika kalian dengan lapang tersenyum menyambut kehadirannya, langit akan memberikan kita hadiah yang luar biasa indahnya! Bukan lagi kegelapan yang menyelimuti, tapi kecerahan dengan rintik-rintik hujan menghiasinya. Dan yang tak kalah menakjubkannya adalah,.. sebuah pelangi akan hadir menghias langit! Luar biasa bukan? Wujud terimakasih sebuah musim yang tak pernah diharapkan kehadirannya oleh sebagian orang didunia ini, wujud terimakasih yang tak pernah diberikan oleh musim-musim yang lainnya.  Lengkungan pelangi bagaikan senyumnya yang manis, ketika dirinya merasa bahagia melihat senyum-senyum mungil dari setiap makhluk di bumi menyambut kehadirannya. 



0 komentar:

Posting Komentar